Teknologi Informasi dan Komunikasi Online

Blog Personal Yang Berisi Tentang : Blogger Hack, Blogger Widget, Blogger Tips, Google, Top 5, History, Learner dan Masih Banyak Lagi

Powered by Blogger.

Rumus Perkalian dan Pembagian di Microsoft Excel 2010







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.

Rumus Perkalian dan Pembagian di Microsoft Excel 2010



Setelah di postingan sebelumnya kita membahas rumus penambahan dan pengurangan di excel 2010, maka kali ini penulis coba bahas rumusperkalian dan pembagian di excel 2010.


Yup .. seperti biasa, postingan penulis kali ini ditujukan untuk pemula dalam excel, yang sudah pro silahkan lewat :). Oke berikut rumus nya:

1. Contoh perkalian sederhana, rumus yang di pakai: =A3*B3


2. Contoh perkalian dan pembagian rumus yang di pakai =(A3*B3)/C3


Gimana? sudah paham? :), kedua rumus excel di atas dapat kita kembangkan menjadi rumus yang lebih kompleks dan tentunya rumus yang memakai logika kita :). Oke sampai jumpa lagi pada trik dan tips rumus excel yang lainnya.

Thanks semoga postingan di atas membantu, :)

Source : http://microsoftexcelku.blogspot.com/2012/10/rumus-perkalian-dan-pembagian-di-excel.html

Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan di Microsoft Excel 2010







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan di Microsoft Excel 2010


Excel merupakan sebuah software yang bisa juga disebut kalkulator, mengapa? karena excel memiliki fasilitas untuk menghitung, memproses dan menghandle berbagai data. 

Untuk postingan kali ini penulis coba membahas suatu bahasan yang hanya ditujukan untuk pemula dalam excel :) bagi yang sudah pro silahkan dilewati saja :). Yup .. judul postingan menunjukkan bagaimana cara Rumus Penjumlahan dan Pengurangan di Excel 2010 bekerja, silahkan disimak:

1. Penjumlahan sederhana:


2. Penjumlahan dan Pengurangan:


Oke dua contoh di atas saya harap bisa memberikan pemahaman kepada anda bagaimana cara logika rumus excel menambah dan mengurangi suatu data, bahkan dengan data prioritas (dalam kurung).

Mengenai data prioritas (dalam kurung) itu dapat kita lakukan apabila kita menghendaki untuk menghitung suatu data dahulu lalu setelah itu melakukan proses hitung lagi dari hasil tersebut, contoh:

10 + 4 - 8 = ?  --> maka cara menghitung rumus excel nya adalah (10 + 4) - 8 = 6 seperti contoh di atas yang nomor 2. Tehnik ini berlaku sama juga untuk perkalian dan pembagian.

Baik semoga membantu, terimakasih :)

Source :http://microsoftexcelku.blogspot.com/2012/10/rumus-penjumlahan-dan-pengurangan-di.html

Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Cara Password dan Proteksi File Microsoft Excel 2010







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.

Cara Password dan Proteksi File Microsoft Excel 2010


Apabila kita menggunakan komputer umum atau file excel kita save dalam flashdisk lalu flash disk tersebut di pinjam pinjam oleh teman, tentunya sangat riskan bila file excel kita taruh disitu dalam kondisi open for all dan tidak di lindungi / proteksi sama sekali.

Tentunya akan banyak tangan penasaran atau tangan jahil yang pasti mengobok obok file excel kita tersebut.

Nah Solusinya jika kita pakai excel 2010 maka kita bisa pakai fasilitas Excel 2010 Protect Workbook seperti ini:

Cara password excel nya bagaimana? Seperti ini:

1. Klik File: 

2. Pilih Permission: Anyone can open, and change ...


3. Klik Protect Workbook dan pilih Encrypt with Password seperti ini:






4. Isikan password yang di kehendaki:


5. Masukkan konfirmasi password sekali lagi:










Nah sekarang file dokumen excel 2010 anda telah ter proteksi dari hal hal yang tidak anda kehendaki :), untuk mengetest nya, silahkan save file excel tadi terserah di save kemana asal dengan exstensi .xlsx , dan kalau sudah silahkan close/tutup file excel anda, lalu coba buka kembali file excel yang tadi, pasti akan keluar popup password seperti ini:


Gimana? mantab kan? fungsi dari proteksi ini juga berguna untuk melindungi rumus rumus excel, seperti rumus excel if kita supaya tidak di edit edit orang lain, selamat menikmati :)

Source : http://microsoftexcelku.blogspot.com/2012/10/cara-password-dan-proteksi-file-excel.html


Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Belajar Rumus IF di Microsoft Excel 2010 Part II







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.



Setelah pada postingan sebelum nya kita belajar contoh sederhana dariBelajar Rumus IF di Excel 2010, selanjutnya yuk mari kita lanjutkan untuk belajar rumus if ke part II atau yang tingkat lebih tinggi :).



Untuk tutorial langkah langkahnya kita langsung ubah aja rumus di formula bar nya, seperti gambar di bawah ini:



Sedangkan untuk data nya kita tetap masih pakai yang lama, seperti ini:


Coba mainkan rumus bar yang seperti contoh gambar di atas tadi dengan contoh rumus yang lain, seperti ini:
  1. =IF(A2=15; "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A2 sama dengan 15; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")
  2. =IF(A2<>15; "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A2 tidak sama dengan/selain 15; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah") (*mengapa? karena angka di sel A2 adalah 15 maka jawabannya "Salah", karena yg kita cari adalah angka selain 15, kalau contoh angka di sel A2 selain angka 15 maka jawabannya adalah "Benar")
  3. =IF(NOT(A2<=15); "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A2 adalah bukan lebih kecil atau bukan sama dengan 15; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  4. =IF(A5<>"SPROCKETS"; "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A5 tidak sama dengan/selain "SPROCKETS"; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  5. =IF(AND(A2>A3; A2<A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 adalah lebih besar dari 9 dan lebih kecil dari 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  6. =IF(AND(A2<>A3; A2<>A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 tidak sama dengan/selain 9 dan 15 tidak sama dengan/selain 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")
  7. =IF(OR(A2>A3; A2<A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 lebih besar dari 9 atau kurang dari 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")
  8. =IF(OR(A5<>"Sprockets"; A6<>"Widgets"); "Benar"; "Salah") adalah: Jika nilai di sel A5 tidak sama dengan "Sprockets" atau "Widgets"; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Salah")
  9. =IF(OR(A2<>A3; A2<>A4); "Benar"; "Salah") adalah: Jika 15 tidak sama dengan/selain 9 atau 15 tidak sama dengan/selain 8; tampilkan jawaban "Benar". Maka Hasilnya adalah: ("Benar")
Selamat bermain rumus if excel 2010 part II , dan semoga cepat paham :)

Source : http://microsoftexcelku.blogspot.com/2012/10/belajar-rumus-if-di-excel-2010-part-ii.html

Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Rumus Tanggal di Excel 2010 - Part 1 (Penambahan Tanggal)







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.

Rumus Tanggal di Excel 2010 - Part 1 (Penambahan Tanggal)


Pada excel 2010 kita dapat melakukan penambahan atau penjumlahan tanggal, seumpama sekarang tanggal 27 oktober 2012, nah 125 hari kedepan tanggal berapa ya? Untuk menemukan hasilnya kita bisa menggunakan Excel sebagai alat hitung nya :D.


Oke, begini caranya:

1. kita bikin data seperti ini dulu:



2. Lakukan blok sel yang di kehendaki untuk di input data tanggal, lalu klik kanan pilih format sel, seperti gambar berikut:



3. Lakukan seperti ini:


4. Masukkan data tanggal dan jumlah hari yang mau di tambahkan:


5. pada sel C2 masukkan rumus penambahan tanggal, seperti ini:


6. Sehingga akan didapat hasil seperti ini:


Dari hasil rumus penambahan tanggal di excel 2010 seperti di atas, maka di dapatkan hasil dari tanggal 14 oktober 2012 di tambah 100 hari kemudian hasilnya adalah 22 januari 2013.

Source : http://microsoftexcelku.blogspot.com/2012/10/rumus-tanggal-di-excel-2010-part-1.html


Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Tips Fill Handle Excel Untuk Mempermudah Pekerjaan







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.




Setelah kita belajar tentang apa itu Fill Handle dan bagaimana caramenghidupkan mematikan Fill Handle, saatnya kita mempelajari teknik Fill Handle excel lebih jauh, ya kita akan mencoba membuat trik nya supaya mempermudah pekerjaan kita :).


Contoh kasusnya kita mempunyai beberapa data di dalam suatu kolom seperti ini:
Nah nanti data data di atas akan kita coba pertama untuk menambahkan dari cel A1 dan B1, lalu praktik selanjutnya kita coba untuk mengalikan dari A1 dan B1, nah waktu di C1 keluar hasilnya, selanjutnya yang kita lakukan adalah klik dan tarik Fill Handle ke bawah lalu lepaskan, akan terlihat hasilnya dengan cepat.

Oke untuk trik nya saya kasih video tutorial nya aja ya biar jelasssss.... :D , oke ini video tutorial nya:



Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Cara Menghidupkan atau Mematikan Fill Handle di Microsoft Excel







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.


Cara Menghidupkan atau Mematikan Fill Handle di Microsoft Excel


Setelah penjelasan yang saya tulis di postingan yang sebelumnya mengenai apa itu Fill Handle di excel, kali ini yuk mari kita bahas bagaimana cara menghidupkan atau mematikan Fill Handle di excel,
awalnya kita pasti tidak menyangka ya bahwa kalau Fill Handle excel itu bisa di enable atau disable kan :), yah.. ternyata memang bisa.

Oke begini caranya:
  1. Klik di Microsoft Office Button (tombol Microsoft Office) seperti ini Button image, lalu klik Excel Options.
  1. Dalam kategori Advanced (klik advanced), dalam Editing options, hapus tanda centang pada Enable fill handle and cell drag-and-drop, tanda centang itu berfungsi untuk merubah Fill Handle jadi on atau off.
  2. Klik "OK" atau Enter.
 Nanti hasilnya akan seperti ini:

Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Apa itu "Fill Handle" dalam Excel? (penjelasannya)







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.




Sebelumnya pasti kita akan bingung sekali ketika melihat tutorial excel yang dibikin para bule bule di luar sana, mereka bilang Fill Handle ... Fill Handle,
nah bagi orang awam pasti tidak mengerti apa itu yang dimaksud dengan Fill Handle.

Penjelasannya Fill Handle adalah tanda kecil yang ada di pojok kanan bawah pada suatu seleksi sebuah cell, seperti penjelasan gambar di bawah ini:

Image credit: http://microsoftexcelku.blogspot.com/
Gimana?sudah jelaskan apa yang dimaksud dengan Fill Handle?

Source : http://microsoftexcelku.blogspot.com/2012/10/apa-itu-fill-handle-dalam-excel.html


Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com

Cara Menampilkan Tombol Option pada Microsoft Excel 2007







Hallo teman dan pengunjung setia blog saya ini, sudah kenal saya donk pastinya :D sayakan admin blog www.tik-

o.blogspot.com
 hehe, follow, like dan bagikan blog ini donk :D dan silahkan di baca dulu yuk informasinya.


Semenjak di excel 2007 tidak ada lagi tombol menu tools, atau bahkantab tools, hal ini akan sedikit banyak membingungkan kita terutama bagi para pemula di excel 2007, selain itu kita juga tidak akan menemukan fitur fitur baru excel 2007.

Untuk mengakses excel option:

1. Klik tombol Microsoft Office (pojok kiri atas) untuk membuka dropdown menu.
2. Klik excel option yang berlokasi di bawah menu untuk menampilkan dialog box excel option.

Gambarnya seperti ini:




Semoga Bermanfaat.. Follow Blog Ini Ya Sobat. Cantumkan Link Sumber Blog Ini Sob, Jika Mau Copy Paste (Copas) Ok Sob. Salam Saya Admin blog www.tik-o.blogspot.com :) Berkomentarlah sobat, berikan blog ini saran dan kritikan, agar blog ini makin maju.

Post by : http://www.tik-o.blogspot.com